Minggu, 18 Oktober 2009

Senyum Bayi Meningkatkan Kecerdasan Otak Ibu

Anda pasti tidak menyangka, bahwa senyuman bayi anda ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak anda. Hal tersebut dibuktikan oleh Lane Strathearn, seorang dokter dari Baylor College of Medicine, Houston, Amerika. Menurut risetnya, senyum bayi adalah stimulus atau rangsangan yang kuat bagi otak ibu.

Saat bayi tersenyum, sistem dopaminergic di dalam jaringan otak ibu akan langsung bekerja aktif dan mempengaruhi tingkat kecerdasan otak Namun, kerja otak ini hanya terjadi jika senyuman tersebut datang dari bayi anda sendiri bukan bayi orang lain. Sebaliknya bayi yang tidak tersenyum atau hanya menampilkan wajah netral atau bahkan sedih, secara otomatis tidak akan menimbulkan reaksi tersebut pada otak ibu nya.

Selain mampu meningkatkan kecerdasan otak, senyuman tersebut ternyata juga mampu menghangatkan dan meluluhkan hati sang ibu. Ekspresi bahagia bayi juga dapat menimbulkan efek luar biasa pada otak ibu yang mungkin dapat dianalogikan sebagai ekstasi pembangkit energi.

Itulah sebabnya, meskipun anda lelah setelah beraktivitas mengurus rumah tangga atau bekerja dikantor, senyuman bayi anda dapat meringankan perasaan lelah tersebut. Ditambah lagi bila anda melihat berbagai tingkah pola bayi anda yang menggemaskan dan mengagumkan serta tawa renyahnya yang bisa meluluhkan perasaan lelah anda. Bahkan, bukan tak mungkin jika perasaan tersebut akan membangkitkan reaksi otak yang membuat kecerdasan anda meningkat.

Jika anda ingin selalu membawa kegembiraan pada hari-hari anda, cobalah terapi berikut ini. Sering-seringlah memotret dan mengabadikan kelucuan, senyuman, tingkah pola dan tawa bayi anda lewat media foto maupun video. Dengan memandang aksi dan gambar foto si kecil tersebut, anda pasti akan merasakan perasaan yang menyenangkan dan gembira. Selamat menikmati indahnya menjadi seorang ibu!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar